cara membuat database dengan mysq - Ambrosius Haloho

cara membuat database dengan mysq

MYSQL
Untuk menjalankan mysql kita terlebih dahulu menginstal yang namanya XAMMP. Jika kamu belum memiliki XAMPP kamu dapat mengdownloadnya dengan mengetkikan link ini https://goo.gl/LGcBGd ke browser anda. Setelah selesai di download silahkan install XAMPPnya. Lalu jalankan XAMPP CONTROLnya dengan mengetikkan XAMPP di Menu Start.
<![if !vml]><![endif]>
Jika XAMPP sudah dalam keadaan RUN, sekarang kita mengaktifkan Apache dan MYSQL nya dengan menekan tombol “START” yang ada pada XAMPP controlnya. Contohnya seperti screen shoot di bawah ini.
<![if !vml]><![endif]>
Setelah langkah-langkah di atas telah dilakukan, sekarang kita membuka COMMAND PROMT kita untuk melakukan pengetikan printah SQL di command promt.
Cara buka command promt kita cukup mengnekan tomboh window + r pada keyboard kita lalu ketikkan cmd setalah itu tekan enter atau OK. Setelah itu akan tampil command promtnya.
2. Cara membuat database dengan printah Sql dengan Command Promt
1. Ketikkan pada command promt anda CD C:\
Artinya change directory ke disk C:\
2. Ketiikan “cd xampp\mysql\bin”
Artinya change directory atau masuk ke directory “xampp\mysql\bin”
3. ketikkan lagimysql –u root” lalu tekan enter
Artinya masuk ke mysql dengan username root dan passwordnya sama dengan kosong “ “. Maka tampilannya akan seperti ini.
<![if !vml]><![endif]>
4. setelah sudah di ketikkan dari 1 – 3 maka kamu sudah masuk ke msyql dengan username root tadi. Dan sekarang kita membuat databasenya dengan printah sql berikut.
5. kita coba menampilkan database dengan printah sql “show databases;” catatan untuk perintah sql ini jangan lupa untuk membuat titik koma di akhir printah sql atau yang sering di sebut dengan semi coloun.
<![if !vml]><![endif]>
6. untuk membuat database kita cukup mengetikkan printah sql “create database nama_databasecontoh seperti screenshoot di bawah ini.
<![if !vml]><![endif]>
<![if !vml]><![endif]>
Terlihat setelah kita selesai membuat databasenya maka databasenya langsung muncul ketika kita ketik ulang lagi printah sql untuk menampilkan database “show databases;”. Setelah itu ketikan lagi printah sql berikut agar kita menggunakan database yang kita buat tadi yaitu : “use kampus
7. setelah kita selesai membuat databasesnya maka kita selanjutnya kita membuat table biodata dengan field (nim, nama, alamat, agama, nohp). Cara penulisan printah sqlnya seperti berikut :
create table biodata (nim varchar(15)not null primary key,
-> nama varchar(30),
-> alamat varchar(30),
-> agama varchar(30),
-> nohp varchar(13));
Jika sukses maka akan tampil query ok.
<![if !vml]><![endif]>
Lalu jika kita ingin melihat table yang telah kita buat kita cukup mengetikkan printah sqldesc nama_table;”
Contoh seperti output di bawah ini :
<![if !vml]><![endif]>
Berarti kita telah selesai membuat satu table dengan field (nim, nama, alamat, agama, nohp). Setalah itu kita memasukkan/mengisi data ke dalam table yang telah kita buat dengan menggunakan printah sql “insert into nama_table (nama_field) values (isi sesuai field);” contohnya seperti di bawah ini :
=>> insert into biodata (nim,nama,alamat,agama,nohp) values ("215510080","zulvan","jln. Setia Budi","Khatolik","08493999499");
Setelah kamu selesai mengetikkan printah sql di atas makan akan tampil Query Ok. Maka kita telah berhasil menambahkan 1 data ke dalam table biodata. Cara melihat data yang telah kita input tadi dapat kita tampilkan dengan menggunakan printah sql “select * from biodata;”
<![if !vml]><![endif]>
Printah sql “select * from biodata;” artinya kita akan menampilkan semua data yang ada di table biodata. Tapi kita juga dapat menampilkan data hanya nim dan namanya atau lainnya. Penulisan printah sqlnya adalah “select nama_field from nama_table;”
Contohnya “select nim,nama from biodata;” outputnya dapat kamu lihat di bawah ini:
<![if !vml]><![endif]>
Bagaimana mudahkan, silahkan banyak-banyak berlatih agar kita bias mengingat printah sql yang digunakan dalam pembuatan database denga perintah sql.
Comments
0 Comments

Silahkan tinggalkan komentar anda agar blogger ini bisa menjadi lebih baik :) By : Orang Usil Cari Uanga (ttd : Zulvan Sihaloho)
EmoticonEmoticon