Fungsi Interup pada Assembly

1. FUNGSI INTERUPT
(MENCETAK HURUF DAN KALIMAT) Dengan Assembly

Bila dihasilkan iterupsi 21h apa yang akan dikerjakan oleh computer ? Jawabnya : ada banyak sekali kemungkinan. Pada saat terjadi interupsi 21h mak pertama – tama yang dilakukan computer adalah melihat isi atau nilai apa yang terdapat pada register AH. Misalkan bila nilai AH adalah 2 maka computer akan mencetak sebuah karakter, berdasarkan kode ASCII yang terdapat pada regirster DL. Bila nilai pada register AH bukanlah 2, pada saat dilakukan interupsi 21h maka yang dikerjakan oleh computer akan lain lagi. Dengan demikian kita bias mencetak sebuah karakter yang diinginkan dengan meletakkan angka 2 pada register AH dan meletakkan kode ASCII dari karakter yang ingin dicetak pada register DL sebelum menghasilkan interupsi 21h.

Program di bawah ini dapat dijalankan dengan menggunakan aplikasi TASM.
Program di bawah ini di tulis kedalam notepad atau juga bias langsung menggunakan TASM dengan menggunakan edit namafile.asm

.model small >> ukuran program (ukuran kecil)
.code >> membuat program
ORG 100h >> kita akan memulai program pada 100h
Proses : >> merupakan fungsi utama
MOV AH,20h >> nilai servis untuk mencetak karakter MOV
MOV DL,’A’ >> DL = Karakter ACII yang akan di cetak
INT 21h >> Cetak Karakter !!
INT 20h >> selesai kembali ke DOS
End proses >> akhir dari fungsi utama
Dari Analisa data di atas kita dapat menyimpulkan bahwa dengan menjalankan program di atas maka kita akan menampilkan karakter A pada layar DOS kita setelah kita menjalankan program tersebut menggunakan TASM. Kenapa bisa tampil paday layar DOS ? karena kita menggunakan sebuah interap yaitu : INT 21h sehingga karakter ASCII yang ada pada DL akan di cetak di layar DOS anda.
Notification ! {New!}
Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut.

0 Comments