Teknik Informatika dan Sistem Informasi

          Teknik informatika merupakan disiplin ilmu yang menginduk pada ilmu komputer, yang pada dasarnya merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta-fakta simbolik (data) dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer. Transformasi itu berupa proses-proses logika dan sistematika untuk mendapatkan solusi dalam menyelesaikan berbagai masalah, sehingga dengan memilih program studi Teknik Informatika, kita menjadi terlatih berpikir secara logis dan sistematis untuk dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan pekerjaan apapun.Seiring dengan perkembangan teknologi komputer yang sangat cepat, maka program pendidikan pada program studi Teknik Informatika diarahkan pada penguasaan ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti lunak (software) dalam pengolahan dengan komputer. Di samping itu, lulusan diharapkan memiliki kemampuan untuk merencanakan suatu jaringan dan sistem komputer, serta menguasai dasar-dasar ilmu dan tenologi informasi sebagai landasan untuk pengembangan studi lanjutan.

Menurut saya, semua jurusan itu sama baiknya. Asalkan jurusan tersebut sesuai dengan minat kita dan kita ikhlas dalam memilih dan menjalaninya.

Karena sebaik apapun jurusannya kalau kita sendiri nggak ikhlas dalam menjalani kuliahnya ya nggak akan menghasilkan apa-apa selain mengeluh dan merasa terbebani dengannya.


Bagi teman-teman yang masih bingung mau memilih apa selepas SMA nanti, silakan konsultasi kepada guru BP atau bisa juga dengan mengevaluasi diri kalian sendiri. Sebenarnya apa yang menjadi minat dan bakat kalian?

Intinya, kalau milih jurusan, jangan asal lihat passing grade-nya. Tapi juga lihat, apakah jurusan yang kita pilih sesuai dengan minat dan bakat kita?

Selain itu, pikirkan juga kondisi finansial keluarga, ketersediaan beasiswa, lokasi dan lingkungan kuliah kita. Ditambah lagi jangan sekali-kali asal mengikuti pilihan teman kita. Kalau kebetulan teman kita punya minat dan bakat yang sama sih nggak jadi masalah. Tapi kalau nggak? bisa dipastikan akan banyak sekali masalah yang akan kalian hadapi selama kuliah.

Oh iya, jangan lupa minta arahan kepada kenalan yang sudah kuliah juga. Karena impian dan harapan tidak selalu sesuai dengan realita di lapangan. Bisa saja, jurusan yang pada waktu SMA kalian anggap mudah ternyata malah jurusan yang paling susah bagi mereka yang sudah kuliah.

Dan yang nggak kalah penting dari itu semua, jangan lupa minta petunjuk kepada Yang Maha Kuasa. Karena semua yang terjadi di dunia nggak akan pernah terlepas dari kuasa-Nya.


Kalau sedang berdoa, jangan berdoa untuk dimasukkan ke jurusan B atau ke jurusan A. Tapi berdoalah agar dimasukkan ke jurusan yang tepat untuk kalian ke depannya. Supaya nantinya kalau memang ternyata kalian nggak bisa masuk ke jurusan yang merupakan jurusan impian kalian, kalian nggak kecewa. Karena sejak awal kalian sudah punya prinsip, “seindah-indahnya rencana kita, masih lebih indah rencana-Nya untuk kita“.


Oh iya, kalau misalnya kalian punya minat dan bakat di dunia Teknologi Informasi tapi bingung mau memilih jurusan apa. Karena di sana ada beberapa pilihan jurusan. Mulai Teknik Informatika, Teknik Komputer, Ilmu Komputer, dan juga Sistem Informasi. Saya sarankan kalian membaca bukunya Pak Romi Satrio Wahono yang berjudul, “Dapat Apa Sih dari Universitas?“. Karena di sana dijelaskan secara rinci apa sih perbedaan jurusan-jurusan yang telah saya sebutkan di atas.

Menimbang hal di atas, program studi Teknik Informatika bertujuan memenuhi kebutuhan akan SDM yang profesional di bidang teknologi informasi. Selain itu, untuk menjembatani antara kepentingan industri dan masyarakat profesi dengan kepentingan akademik, maka disusunlah kurikulum berbasis kompetensi, dimana selain muatan-muatan inti, diberikan pula muatan-muatan lokal yang mendukung basis pengetahuan terapan dan perekayasaan perangkat lunak. Diharapkan melalui program ini dapat dihasilkan lulusan yang memiliki daya saing, jiwa kewirausahaan, dan memiliki wawasan teknologi informasi yang memadai sehingga tidak gagap ketika tiba waktunya untuk menerapkan ilmunya di masyarakat.
Notification ! {New!}
Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut.

0 Comments