Pengantar Teknologi Informasi (PTI)

Pengertian - pengertian dalam pelajaran pengantar teknologi Informasi
*'Perangkat lunak' : suatu perangkat komputer yang tidak dapat disentuh dan tidak dapat dilihat secara fisik.

*'Program' : sekumpulan instruksi2 dan statement yang disusun secara logis dan sistimatis yang dapat dimengerti oleh komputer untuk menghasilkan output yang diinginkan.

*'Bahasa pmrograma' : sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer.

*'Paket aplikasi : kumpulan2 program komputer yang berupa aplikasi atau perangkat lunak yang memiliki fungsi yang berhubungan.

*'artificial intelligence' : kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas ilmiah. Kecerdasan dibuat dan dimasukkan ke dalam suatu mesin/komputer supaya bisa melakukan pekerjaan seperti yang bisa dikerjakan oleh manusia.

*'Jaringan komputer' : jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling bertukar data.

*'Internet' : jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global, yang dapat menghubungkan jutaan bahkan milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis dengan menggunakan kabel telepon, satelit dsb.

*'Intranet' : sebuah jaringan private (private network) yang menggunakan protokol2 internet (tcp/ip) untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya.

*'Cpu' : otak dari sebuah komputer yang menangani semua instruksi yang kita berikan pada komputer kita.

*'Processor' : komponen komputer yang menjalankan proses dan pengendal kerja komputer dengan perangkat komputer lainnya.

*Client Server' : suatu bentuk arsitektur, dimana client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan dan menjalankan aplikasi (software komputer) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, data, dan keamanannya.

*Peer To Peer' : jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan.

*'Jaringan Hybrid adalah menghubungkan antara jaringan wired dan jaringan wireless menggunakan akses point. Untuk menghubungkan jaringan kabel dengan jaringan wireless.

*Sinyal analog adalah sinyal data dalam bentuk gelombang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombangnya.

*Sinyal digital merupakan hasil teknologi yang dapat mengubah signal menjadi kombinasi urutan bilangan 0 dan 1 (dengan biner),

*Arithmatic Logical Unit (ALU), adalah komponen dalam sistem komputer yang berfungsi melakukan operasi perhitungan aritmatika dan logika .

*Control Unit (CU) adalah salah satu bagian dari CPU yang bertugas untuk memberikan arahan/kendali/ kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit) di dalam CPU tersebut. 

*Vga : adalah sebuah perangkat keras yang melakukan rendering atau pemrosesan output berupa visual yang ditampilkan pada layar monitor.


Notification ! {New!}
Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut.

0 Comments