Kumpulan Tutorial Komputer dan Informasi Pendidikan - Ambrosius Haloho

Definisi Bottleneck

Pengertian Bottleneck adalah peristiwa macetnya proses aliran data (transmisi data) karena sebab-sebab tertentu.

Biasanya disebabkan perbedaan antara kecepatan kerja suatu komponen dengan kecepatan bus-nya. Bottleneck Dapat juga dikarenakan perangkat keluaran (output) tidak dapat mengimbangi kinerja perangkat pemrosesan sehingga memperlambat kerja system secara keseluruhan. Pengertian Bottleneck secara harfiah dapat diartikan sebagai sumbatan leher botol.

Pengertian Bottleneck pada dunia networking


Pada dunia networking (jaringan) terutama mikrotik, istilah bottleneck dapat diartikan jika action di drop maka kemungkinan untuk connection state nya akan terus menempel di Mikrotik, dan jika tidak kuat Mikrotik kita bisa terjadi Flooding. Flooding adalah suatu keaadan dimana Router kita di banjiri oleh akses yang terus menerus sehingga terjadi bottleneck, dan router mikrotik anda menjadi hang


Pengertian Bottleneck Pada Hardware Komputer

Tidak ada seorangpun yang menginginkan terjadi bottleneck. tapi pada kondisi ini dapat terjadi pada setiap komputer yang ada di dunia ini. Bottleneck tidak seperti virus dan tidak ada hubungannya dengan system, meski akibatnya akan sangat berpengaruh pada system juga.

Contoh Kasus :

Processor : Core 2 Duo
Memory : DDR 5300 2Gb
Video Card : 1600 XT


Dari contoh di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Komputer dengan spesifikasi seperti itu bisa terjadi ‘bottleneck’. Karena, processor OK, RAM OK, tapi VGA-nya pas-pasan. sehingga dari segi performa tidak akan maksimal, terutama untuk bermain game. Banyak juga contoh yang lain. Karena pada dasarnya, setiap komputer mempunyai bottleneck. Hanya saja, letaknya dimana, itulah yang perlu dikaji. Terlebih lagi, kalau mainboardnya tidak support komponen-komponen pada soal diatas. Pastilah terjadi bottleneck juga.

Bagaimana cara check komputer kita mengalami bottleneck atau tidak?
cari gambar hasil 3D Mark/software benchmark di google yang testing system-nya pake spec yang tidak bottleneck (tentunya cari yang sebanding dengan spec komputer teman2), trus bandingin score-nya sama rig punya teman2, kalo lebih rendah ya brarti bottleneck.

sedangkan untuk mengecek jaringan kita mengalami bottleneck atau tidak anda dapat mengeceknya melalui router/ modem ataupun speedtest.
Share:

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda agar blogger ini bisa menjadi lebih baik :) By : Orang Usil Cari Uanga (ttd : Zulvan Sihaloho)

Google+ Followers

Sample Text

Semoga tutorial dan informasi yang saya bagikan melalui blog saya ini dapat bermanfaat bagi saudara sekalian :)