10 Cara SEO Paling Mudah dan Cepat

10 Cara SEO Paling Mudah dan Cepat 
Setiap orang yang berbisnis di internet pasti tahu mengenai SEO (Search Engine Optimization). Dan kebanyakan dari mereka tidak tahu bagaimana mengoptimalkan SEO. Mereka telah banyak menghabiskan waktu dan tenaga namun tidak memperoleh hasil yang sebanding. Hal ini memberikan dilema bagi orang-orang yang baru terjun ke dunia bisnis internet.

Namun bukan berarti tidak ada cara untuk menggunakan SEO secara efektif tanpa harus membayar banyak untuk jasa konsultan SEO. Berikut akan saya berikan tips-tips mudah SEO yang jika Anda ikuti sehingga dapat membuat blog Anda lebih friendly kepada search engine dan juga pembaca Anda.

1. Ingat bahwa pembaca Anda itu yang utama. Buatlah blog Anda simple dan mudah digunakan dan Anda akan mendapatkan pembaca setia. Blog yang jelas, menarik, dan navigasinya mudah tentu lebih disukai oleh pembaca. Anda juga harus memberikan artikel yang menarik dan bermanfaat bagi mereka.

2. The KISS rule: Keep it simple, silly! Ingat lagi bahwa pembaca itu yang utama. Anda tidak perlu menggunakan banyak widget di blog Anda. Cukup yang penting penting saja. Sehingga blog Anda mempunyai page loading yang lebih cepat. Sebagai contoh Anda bisa melihat blog ini.

3. Halaman home Anda merupakan halaman yang paling penting bagi pembaca dan search engine. Buatlah navigasi yang mudah di halaman home. Anda juga bisa menampilkan artikel-artikel populer dan juga kategori artikel. Hal ini akan membuat pengunjung dan search engine lebih mudah untuk melakukan index pada blog Anda.

4. Gunakan meta tags, dan optimalkan. Meta tags terdiri dari judul, deskripsi dan keyword. Bisa Anda temukan di setting halaman jika Anda menggunakan platform blogger. Untuk SEO gunakan meta tags ini. Berikan judul, deskripsi, dan keyword yang relevan dengan blog Anda. Search engine mempunyai limit character dan jika Anda terlalu banyak menggunakan kata di meta tags, Anda bisa dianggap spam oleh search engine. Gunakan kata yang lebih spesifik, contohnya adalah kata "sekolah sepak bola" maka Anda akan mendapatkan banyak saingan. Namun jika Anda menggunakan kata "sekolah sepak bola di malang" maka Anda mempunyai kesempatan besar untuk menjadi peringkat pertama di search engine.

5. Jangan gunakan frame. Bagi para desainer website atau blog, penggunaan frame sangat membantu. Namun kenyataannya bahwa penggunaan frame tidak terlalu disukai oleh search engine.

6. Jangan gunakan form sebagai landing page. Forms kebanyakan tidak memberikan informasi yang berguna dan tidak akan memperbaiki rangking Anda. Pembaca akan lebih memilih untuk menutup halaman Anda jika belum apa-apa mereka mendapatkan halaman form berlangganan. Padahal mereka belum mendapatkan manfaat apa-apa dari blog Anda.

7. Pastikan blog Anda memiliki paling sedikit 5 artikel. Search engine akan memberikan reward untuk kedalaman blog Anda. Semakin banyak halaman maka akan makin disukai. Anda juga dapat menambahkan halaman about us dan testimonial untuk menarik pembaca.

8. Idealnya sebuah halaman harus terkait dengan halaman lain. Hal ini akan membuat pengunjung betah berlama-lama di blog Anda. Selain itu akan memudahkan search engine untuk melakukan crawling ke halaman-halaman blog Anda.

9. Jika blog Anda merupakan tipe blog yang dinamis, maka pastikan Anda mempunyai beberapa halaman statis juga. Beberapa search engine masih tidak bisa melakukan crawling pada halaman-halaman dinamis. Sehingga Anda tidak akan mendapatkan rangking. Paling tidak halaman home dan halaman deskripsi atau abous us Anda adalah halaman statis.

10. Hindari melakukan trik kotor seperti hidden texts, irrelevant links, atau spamming. Mungkin hal ini akan bekerja, namun saya yakin tidak akan lama. Begitu Anda ketahuan oleh search engine, maka jangan harap blog Anda akan tampil di halaman pencarian lagi.

Dengan mengikuti beberapa tips mudah ini tidak akan menjadikan blog Anda menjadi paling atas di halaman pencarian search engine. Namun tidak menutup kemungkinan tersebut. Dengan mengikuti tips-tips di atas paling tidak akan membuat blog Anda lebih disukai oleh pembaca maupun search engine. Jadi tunggu apalagi segera ikuti dan praktekkan tipsnya. 

Notification ! {New!}
Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut.

0 Comments