Pengantar Algoritma

Algoritma
1. Definisi Algorita
Algoritma adalah tahapan atau urutan langkah-langkah logik penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis.
Pembuatan dan penggunaan algoritma sangan erat hubungannya dengan pembuat program (programer). Karena dalam tahap inilah dapat ditunjukkan bagan secara global permasalahan serta mendeskripsikan berbagai tugas dan fungsi masing-masing bagian yang ada. Algoritma adalah hal yang terpenting dilakukan dalam membuat suatu program. Karena berdasarkan algoritma inilah seorang programmer dapat menerjemahkan ke dalam bahasa pemrograman (coding). Algoritma merupakan gabaran/urutan pengerjaan atau penyelesaian suatu masalah sercara lengkap dan teratur.

Menurut Donad E. Knuth :
Algoritma tersebut adalah,,,,,
Algoritma mempunyai awal dan akhir. Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat sehingga tidak memiliki arti ganda (ambigu). Selalu memiliki masukkan (inpu) atau kondisi awal. Dan memiliki keluaran (output) atau kondisi akhir. Kemudian algoritma juga harus efektif bila digunakan benar-benar menyelesaikan persoalan. Dalam kenyataannya pada saat menyelesaikan permasalahan tentusaja sering terjadi adanya pembatasan, meskipun terkadang terkesan terlalu membatasi. Prakteknya penyelesaian masala sebenarnya ada banyak cara untuk menghasilkan sesuatu tanpa harus mengikuti aturan yang "baku" atau satu aturan saja yang terkesan mengikat, namun jika ada yang mau bertindak seperti yang telah dijelaskan di atas tentu saja dapat diterima dengan syarat bersifat logis dan hasil luaran yang jelas.

Dalam beberapa konteks, Algoritma adalah spesifikasi ururtan langkah untuk melakukan pekerjaan tertentu. Pertimbangan dalam pemilihan algoritma adalah :
Pertama, Algoritma haruslah benar artinya algoritma akan memberikan keluaran yang dikehendaki dari sejumlah masukan yang diberikan. tidak peduli sebagus apapun algorima, kalau memberikan keluaran yang salah pestilah algoritma tersebut bukanlah algoritma yang baik.
Kedua, yang harus diperhatikan adalah kita haru mengetahui seberapa baik hasi yang dicapai oleh algoritma tersebut. Hal ini penting terutama pada algoritma untuk meneylesaikan masalah yang memerlukan aproksimasi hasil (hasil yang hanya berupa pendekatan). Algoritma yang baik harus mampu memberikan hasil yang sedekat mungkin dengan nilai yang sebenarnya.
Ketiga, adalah efisiensi algoritma. Efisiensi algoritma dapat ditinjau dari 2 hal yaitu efisiensi waktu dan memori. Meskipun algoritma memberikan keluaran yang benar (paling mendekati), tetapi jika harus menunggu berjam-jam untuk mendapatkan keluarannya, algoritma tersebut biasanya tidak akan dipakai, setiap orang menginginkan keluaran yang cepat. Begitu juga dengan memori, semakin besar memori yang terpakai maka semakin buruklah algoritma tersebut.

Definisi Algoritma lainnya adalah langkah-langkah yang bersifat logis dalam penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Dalam tahap inilah dapat menunjukkan bagan secara global permasalahan serta mendeskripsikan berbagai tugas dan fungsi masing-masing bagian yang ada. Algoritma adalah hal yang terpenting dilakukan dalam membuat suatu program aplikasi. Karena berdasarkan algoritma inilah seorang programmer dapat menerjemahkan ke dalam bahasa pemograman sesuai dengan urutannya. Agoritma merupakan gambaran/ururtan pengerjaan atau penyelesaian suatu masalah secara lengkap dan teratur.

Penyajian Algoritma
Dalam kenyataannya, setiap orang bisa membuat algoritma yang berbeda untuk menyelesaikan suatu permasalahan, walupun terjadi perbedaan dalam menyusun algoritma, tentunya diharapkan keluaran yang sama. Jika terjadi demikian, sehingga carilah algoritma yang paling efisien dan cepat.

ada tiga cara penyajian algoritam yaitu:
Naratif
Diagram Alir (Flow Chart)
Pseudocode


Sekian dulu definisi dari algoritma semoga artikel saya ini bisa membantu teman-teman sekalian.
terima kasih :).
Notification ! {New!}
Beberapa artikel di blog ini terkadang berisi informasi dari berbagai macam sumber. Hak cipta berupa gambar, teks, dan link sepenuhnya dimiliki oleh web tersebut.

0 Comments